Resep Martabak Asin dan Manis yang Yummy..

Artikel terkait : Resep Martabak Asin dan Manis yang Yummy..

RESEP MARTABAK 


Di Indonesia terdapat 2 macam martabak yaitu martabak Manis dan Telor. Dari nama berbeda dan tentu rasanya juga berbeda walaupun sama-sama martabak, dari cara pembuatan, komposisi bahan serta jenisnya pun berbeda. 

Martabak Manis sering disebut martabak terang bulan. Martabak Manis adonan yang berisikan bahan-bahan yang manis seperti keju, messes coklat, kacang dan selai. Sedangkan Martabak Telor rasanya asin salah satu bahan utamanya adalah telor ayam atau telor bebek tergantung selera dan tentunya biasanya ada tambahan daging serta bawang daun tidak pernah ketinggalan.

Masing-masing martabak baik martabak manis ataupun telor memiliki penggemarnya masing-masing. Kalau saya kedua-duannya suka, kalau Martabak Telor bisanya selain buat camilan juga sebagai lauk untuk makan bersama nasi. Sedangkan Martabak Manis buat camilan bersama keluarga.  

Biasanya para dagang martabak ini baru ada menjelang sore hari, sehingga kita tidak dapat menikmati makanan ini waktu pagi hari mungkin sebagai teman sarapan agak sulit paling beli malam hari dan besok hari nya baru dihangatkan. Dan rasanya pun selalu agak berbeda. 

Nah bagi penikmat martabak, yang ingin menikmati martabak pagi hari dengan rasa yang masih segar alias baru dibuat, maka anda bisa mencoba resep sederhana di rumah karena resep martabak telur berikut ini juga terbilang mudah, asalkan anda mengikuti resep dan cara membuat martabak telur sederhana. 

Agar dapat menikmati kenikmatan martabak telur setiap saat, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Di bawah ada beberapa resep yang dapat kita praktekkan di rumah..... 

1. CARA MEMBUAT MARTABAK TELOR

Pertama-tama siapkan Bahan-bahan untuk membuat martabak telor setelah itu isi dari martabak telor, baru membuat martabak telor secara keseluruhan.

a.1.  Bahan Kulit Martabak : 
200 gr Tepung terigu dengan kandungan protein tinggi 
1/2 sdt Garam atau secukupnya 
150 ml Air mineral
50 gr Minyak goreng
1 bh Telur ayam/bebek, di kocok lepas 

a.2. Cara membuat Kulit Martabak Telor : 
  • Campurkan tepung terigu dan garam dalam satu wadah, aduk rata.
  • Masukan telor serta aduk kembali sampai tercampur rata. Tuangkan air secara bertahap sambil terus diaduk dengan tangan hingga adonan menjadi kalis. 
  • Adonan kemudian dibagi menjadi dua bagian sama persis ukuran serta dibentuk bulat. 
  • Olesi bagian luar adonan dengan minyak lalu diamkan kurang lebih 15 menit. 
  • Adonan siap dijadikan kulit martabak telur. 
b.1. Bahan Isi Martabak : 
250 gr Daging sapi atau ayam yang digiling atau cincang 
5 btg Daun bawang, iris halus 
4 siung Bawang Putih, iris halus 
8 Buah Bawang Merah, iris halus 
1 Buah Bawang Bombay, iris halus 
1/4 sdt Lada bubuk 
4 sdm Minyak Goreng 

b.2. Cara membuat Isi Martabak Telor : 
  • Tumis semua bawang (bawang putih, bawang merah dan bombay) dengan menggunakan api sedang sampai tercium bau harum.  
  • Campurkan daging cincang atau giling. Aduk rata, hingga daging berubah warna setengah matang. 
  • Lalu masukkan daun bawang dan lada bubuk, tumis hingga rata dan daging matang. Sisihkan. 
c. Cara Membuat Martabak Telor

c.1. Bahan : 
Kulit martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya 
Isi martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya 
1/2 sdm Garam 
4 bh Telur ayam atau telur bebek, kocok lepas 
4 sdm Minyak goreng 

c.2. Cara membuat keseleluruhan : 
  • Mulai membetuk kulit martabak, pertama siapkan talenan besar lalu letakan satu adonan kulit dengan ditekan-tekan oleh telapak tangan serta dengan gerakan memutar agar adonan menjadi agak lebar. 
  • Lalu dipegang pada kedua ujung adonan serta gerakan tangan dengan memutar ke atas, banting adonan hingga bertambah lebar dimeternya sehingga cukup untuk dibuat martabak sesuai standar yang biasa dibuat, pada saat dibanting agar dilakukan dengan hati hati agar adonan tidak sobek. 
  • Kemudian 2 butir telur dan diberi garam dikocok hingga tercampur, lalu masukkan isi martabak telur yang sudah dibuat sebelumnya. Kocok hingga tercampur. 
  • Siapkan penggorengan serta panaskan minyak goreng dengan api kecil, alangkah baiknya menggunakan penggorengan yang diameternya lebar. 
  • Masukkan kulit martabak tadi secara perlahan dan hati-hati ke dalam penggorengan agar tidak sobek dan digoreng sampai matang. 
  • Setelah kulit martabak matang, tuangkan isi martabak telur di tengah-tengah kulit martabak telur yang masih digoreng. Lalu lipat masing-masing ujung kulit ke tengah hingga bagian isi tertutup dengan kulit martabak telur. 
  • Goreng martabak dengan cara dibolak-balik sampai matang atau berwarna kecoklatan. 
  • Martabak telur yang sudah matang kemudian sisihkan. Martabak telur siap dihidangkan. 


2. Cara membuat martabak telur mini : 

Ini resep bagi-bagi teman-teman yang tidak punya penggorengan yang besar atau diameternya lebar, maka di bawah ini ada resep martabak mini.....

Bahan : 
7 lbr kulit lumpia
3 bh Tahu 
2 bh Telur ayam atau bebek 
2 btg Daun bawang diiris halus 
3 bh Bawang merah 
2 siung Bawang putih 
1/2 sendok teh Garam 
1/4 sendok teh Lada bubuk 
1/2 sendok teh Kaldu bubuk

Cara membuat : 

  • Siapkan wadah dan masukan tahu lalu dihancurkan sampai benar-benar halus. Setelah halus sisihkan. 
  • Siapkan penggorengan serta panaskan minyak goreng dengan api sedang, tumis bawang putih dan bawang merah hingga tercium bau harum. 
  • Setelah harum kemudian masukkan daun bawang, tahu, garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk, semua ditumis hingga matang. Lalu matikan dan sisihkan. 
  • Siapkan wadah untuk mengocok telor, setelah dikocok campurkan isi martabak yang telah ditumis tadi dan dikocok kembali sampai rata. 
  • Siapkan kulit lumpia masukkan ke dalam penggorengan dan digoreng hingga matang. 
  • Setelah matang isi martabak dituangkan di tengah-tengah kulit yang sedang digoreng dan dilipat pada masing2 ujung kulit ke tengah hingga bagian isi martabak tertutup dengan kulit. 
  • Goreng martabak dengan cara dibolak-balik sampai matang atau berwarna kecoklatan. 
  • Martabak telur mini sudah matang dan siap disajikan serta dinikmati. 


3. Cara membuat martabak manis : 

Bahan Kulit: 
250 gr Tepung terigu protein sedang 
400 ml Susu segar 
1 butir Telur 
2 sendok mkn Gula pasir
1/2 sendok teh Garam 
1/2 sendok teh Baking powder 
1/4 sendok teh Baking soda (soda kue) 
1 sendok mkn Air 
2 sendok mkn Gula pasir 
1 sendok mkn Margarin 

Bahan Isi: 
2 sendok mkn Mentega 
Coklat dan kacang tanah atau keju parut secukupnya/sesuai selera 
SKM secukupnya/sesuai selera 

Cara Membuat: 

  • Campurkan tepung terigu, susu segar, telur, gula pasir, dan garam dalam wadah besar kemudian aduk adonan hingga rata. Setelah rata gunakan kain untuk menutup wadah adonan selama 20-30 menit. Apabila masih ada gumpalan pada adonan dapat disaring adonan sampai gumpalan tidak ada. 
  • Siapkan wadah yang berbeda untuk campuran baking powder, baking soda dan air.  aduk rata. Lalu campurkan pada adonan yang pertama. Aduk rata.
  • Siapkan loyang martabak manis yang anti lengket atau teflon lalu olesi dengan minyak goreng atau mentega kemudian panaskan dengan api kecil. 
  • Adonan yang telah jadi dituangkan pada loyang yang telah panas. Ratakan adonan dengan perlahan sehingga adonan menutupi seluruh sisi loyang. 
  • Apabila adonan sudah setengah matang serta muncul rongga-rongga udara di seluruh permukaannya, taburkan gula secara rata pada seluruh adonan kemudian loyang di tutup sampai matang, lalu setelah matang angkat martabak dan letakkan di atas talenan. 
  • Oleskan mentega hingga merata pada martabak yang sudah matang  lalu taburkan coklat, kacang, atau keju parut dan tambahkan pula susu kental manis semua sesuai selera. 
  • Potong martabak menjadi dua bagian. Tumpuk hingga sisi yang telah ditaburi menempel satu sama lain. 
  • Potong dan bagi sesuai selera. Martabak manis siap dihidangkan. 
Mudah bukan untuk membuat martabak telor ataupun manis, bahwa anda bisa menikmati kenikmatan martabak telur setiap saat. Semoga bermanfaat. 

Artikel Kue Macaron di Bandung Lainnya :

0 Comment:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Kue Macaron di Bandung